LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Kepsek di-Pantai Barat Mandailing Natal menjerit

 


LIPUTANONE.COM - Kepala Sekolah (Kepsek) di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Pantai Barat, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara mengeluhkan dugaan arahan terkesan pemaksaan dari Dinas Pendidikan melalui Manajer BOS berinisial MF yang dinilai diluar nalar.


Pasalnya, salah satu Kepala Sekolah di wilayah Pantai Barat yang tidak ingin di sebutkan namanya mengatakan Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal melalui Manajer BOS melakukan pertemuan pada 17 Maret 2023 di SD Negeri 364 Panggautan Kecamatan Natal. Pertemuan dengan para Kepsek SD dan SMP inj kuat dugaan untuk memuluskan item perbelanjaan BOS Tahun 2023 yang terkesan dipaksa kan.


Lebih lanjut dirinya (Kepsek-red) mengatakan beberapa item yang dirasa cukup menyulitkan dan meminuskan taksasi di aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) diantaranya : 

1. Tes IQ dengan biaya Rp125.000 per siswa;

2. Pembelian Laptop charging cabinet seharga  Rp. 13.000.000,-

3. Pengembangan PTK sebesar Rp. 3.000.000,- 

4. Pengadaan buku Ramadhan. (Hingga dipenghujung Ramadan belum juga sampai);

5.Pembelian alat Rebana sebesar Rp. 9.000.000,-

6. Pengadaan naskah soal ujian semester melalui Dinas Pendidikan.


Yang lebih parah nya, pengadaan buku Ramadhan Hingga dipenghujung Ramadhan belum juga sampai. 


Perihal ini tentu saja bertentangan dengan regulasi Bos terbaru, dimana seharusnya pembelanjaan sekolah itu berdasarkan kepada kebutuhan sekolah melalui Rapor Mutu Pendidikan yang diperoleh oleh setiap satuan pendidikan.

Yang sudah diatur Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbudristek) tentang peraturan untuk pemberian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang terdiri dari  PAUD, SD, SMA SMK Tahun 2023.


Peraturan itu diatur berdasarkan Permendikbudristek Nomor 63 Tahun 2022 Juknis BOSP TK PAUD SD SMP SMA SMK Tahun 2023.


Diakhir penyampaiannya dirinya menuturkan bagi Kepala Sekolah yang membangkang diancam akan dicopot dari jabatannya, bila tidak memasukkan item-item tersebut ke dalam belanja Bos tahun 2023 ini.


Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Dollar Hafrianto ketika dicoba dihubungi via aplikasi WA Tim Awak Media di nomor 0821-6002-3xxx mengenai kebenaran hal yang disampaikan salah satu Kepsek di wilayah Pantai Barat Mandailing Natal, hanya tanda ceklis satu hingga berita ini diterbitkan.

Hendri Syahputra

Posting Komentar

0 Komentar