LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Diskominsa Aceh Barat -Fakultas Fisip Universitas UTU Sepakati Dukung Program Magang Mahasiswa

 


LIPUTANONE.COM - Pemkab Aceh Barat melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian kabupaten Aceh Barat melakukan  penandatanganan Memorandum Of Agreement (MoA) bersama dengan Fakultas Ilmu  Sosial dan Ilmu Politik ( Fisip) Universitas Teuku Umar

Meulaboh pada kamis siang 27/7/23.


Penandatanganan kesepakatan MoA tersebut  dilaksanakan di ruang rapat Fakultas Fisip UTU, antara Dekan Fakultas Fisip Basri, SH, M.H dengan Kadis Kominsa  Kabupaten Aceh Barat, Drs. Darwis, MSi .


Pada saat Detik detik penandatanganan MoA., 

Darwis , yang didampingi  oleh Kabid.komunikasi 

dan informasi publik, Hidayat Isa, S.E. 

dan Pranata Humas Ahli Muda: Jamilah Djafar, S.P.  

Serta Pengelola Pengaduan Publik, Diah Sri Widyawati., 

pada Kesempatan Itu  Ia mengatakan, "bahwa selama ini telah terjalin kerjasama antara kedua pihak, namun belum ada legal nya saja, menindaklanjuti MoU antara Universitas Teuku Umar dengan Pemerintah kabupaten Aceh Barat maka lahir lah MoA ini,"ungkap Darwis. 


" Lebih lanjut ia menjelaskan, terkait  kesepakatan bersama itu juga yang  bertujuan untuk membangun rangka penguatan kapasitas institusi dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat serta Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di tingkat pemerintahan Kabupaten Aceh Barat.


Menurut nya, Dalam membangun "pencitraan" PPID di Pemerintah Kabupaten Aceh Barat sebagai alat transfer informasi menuju pemerintah yang  transparan dan akuntabel. serta perlu dibangun institusi publik yang user friendly yang memahami kebutuhan masyarakatnya serta dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat.


Darwis yang  saat itu mengenakan Baju batik biru perpaduan Corak warna Coklat muda, yang Tampil elegan dan bersahaja, lebih lanjut menambahkan," bahwa Hubungan tersebut dapat dibangun dengan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai agen penyedia, pengelolaan, dan penyebaran informasi publik, sehingga terwujudnya informasi yang lebih cepat dalam memfasilitasi manajemen pemerintah untuk mendorong partisipasi aktif dari kalangan  masyarakat. 


"Kami turut mendukung program Kampus Merdeka dengan menyelenggarakan program magang mahasiswa melalui sinergi dengan perguruan tinggi, "pungkasnya


Senada dengan itu, Dekan Fakultas Fisip UTU tak lupa mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Diskominsa Kabupaten Aceh Barat atas terlaksananya MoA ini, ia senantiasa berharap kesepakatan bersama ini bisa terlaksana dengan baik," harapnya. 


Selain dari pada itu Basri  juga mengungkapkan, sebagai mitra magang mahasiswa. dirinya  juga sangat terbuka untuk adanya kerja sama atau kolaborasi baik secara institusi maupun keahlian mahasiswa magang. Sehingga, lanjut Basri,  apapun yang menjadi potensi dan peluang-peluang yang dapat dilakukan secara sinergis dan kolaboratif dapat dilaksanakan bersama-sama.


Sementara itu,  Terkait implementasi magang Kampus Merdeka, Basri menambahkan  “Magang tersebut menjadi bagian magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dimana memungkinkan bagi mahasiswa melakukan konversi 20 SKS dalam konteks magang.  Oleh karena itu, hal-hal yang menjadi persyaratan untuk pemenuhan MBKM dapat dikoordinasikan dan tentunya perlu adanya MoA untuk penguatan pelaksanaan MBKM itu sendiri.”


Lebih lanjut  Basri menjelaskan, "bahwa dalam konteks magang ini ada perubahan paradigma. “Kalau dulu magang dalam konteks internship itu bagaimana mahasiswa belajar maupun mengalami corporate culture. Namum saat ini, konteks magang meningkat atau beyond selain mengenal, mengalami, dan merasakan nilai-nilai budaya maka pengembangan-pengembangan yang sifatnya aktivitas kerja sama, kebutuhan satu sama lain, dan akesepakantan-kesepakatan yang bisa dilakukan menjadi hal yang sangat terbuka,"pungkas nya.



( DS **)

Posting Komentar

0 Komentar