LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Warga Desa Suka Damai Segel Kantor Desa,Desak Kepala Desa Mundur.

 


LIPUTANONE.COM - Ratusan warga berkerumun melakukan aksi damai di depan Kantor Desa Suka Damai,Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang,hari ini disegel warga setempat. Rabu 05 Juli 2023.


Dari pantauan awak media dilapangan Aksi damai ini berjalan aman dan kondusif.


Perwakilan masyarakat setempat Naidi dan Yosep kepada media ini, mengemukakan bahwa aksi penyegelan kantor desa suka damai tersebut adalah akumulasi dari kekecewaan masyarakat terhadap oknum Kepala Desa.


Kami masyarakat desa suka damai dengan ini menyatakan yang sebenar-benarnya kami masyarakat desa suka damai, kecamatan ledo, kabupaten bengkayang sudah tidak mempercayai bapak Petrus selaku Kepala Desa Suka Damai,kami menilai beliau sudah tidak layak untuk menjadi Kepala Desa Suka Damai, dikarenakan banyak dugaan atau indikasi penyelewengan atau penyimpangan Anggaran dan tidak Transparansi dalam merealisasikan Anggaran Desa Tahun 2022.


Selama menjabat kepala desa suka damai Petrus selalu bertindak sesuai hati dalam memberhentikan atau mengangkat dan memutasikan perangkat desa. Diantaranya mengangkat anak kandung sebagai Kasikesra dengan sewenang-wenang tanpa adanya musyawarah mufakat dan tidak sesuai dengan Undang-undang Negara yang berlaku.


Hal ini telah menimbulkan ketidakpercayaan terhadap kepemimpinan, Integritas kinerja serta amanah yang telah di berikan oleh masyarakat,kami masyarakat desa suka damai dengan didampingi BPD desa suka damai sudah memberikan surat Mosi tidak percaya ini kepada camat ledo dan Pemdes Kabupaten Bengkayang agar menindak lanjuti kasus ini,tapi ternyata tidak respon sama sekali.


Selanjutnya,kami atas nama masyarakat desa suka damai dengan berat hati menyampaikan aspirasi kami ini. Menyegel kantor desa suka damai,dengan ritual Adat sesuai dengan Adat Istiadat,budaya dan tradisi kearipan lokal ditempat ini tentunya demi menjaga hati,pikiran dan amarah masyarakat.


Tentunya dengan demikian tidak ada aktivitas di kantor ini. Selagi tidak ada respon dari Bapak Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis dari aksi ini. Tuntutan kami turunkan Petrus Kepala Desa Suka Damai dan mohon untuk dengan segera diproses secara Hukum.


Dimana,Dasar-dasar dari aksi kami pada hari ini diantaranya.

1. Bidang Pembangunan Desa,Tidak Transparansi penggunaan dana desa tahun anggaran 2022,Tidak ada plang atau papan informasi kegiatan disetiap penggunaan dana desa,Pembangunan yang dikerjakan tidak sesuai dengan volume di APBDes.

a. Kegiatan peningkatan jalan usaha tani di Dusun Gandong dengan volume 1.200 meter dengan nilai pagudana Rp. 113.850.000,dan yang dikerjakan hanya kurang lebih 340 Meter.

b. Kegiatan peningkatan pemakaman milik desa (TPU) atau rumah singgah dengan pagudana Rp. 22.436.000 sementara yang dikerjakan hanya tidak sesuai.

c.  Pembangunan gapura dan batas desa pagudana Rp. 21.224.000 yang dikerjakan tidak sesuai.

d. Kegiatan bidang kesehatan penyelenggaraan oleh Desa ODF (wc) dengan volume 4 buah dan pagudana Rp. 21.756.000 yang dikerjakan hanya 3 buah aja.


2. Bidang Penyelengara Pemerintahan Desa,meroling jabatan perangkat desa dari jabatan Staf menjadi Kasi Pemerintahan dan Kasi Pemerintahan menjadi Staf.


3. Bidang Pembinaan Masyarakat Desa. Dimana sejak kepala desa dilantik pada bulan Maret tahun 2022 sampai dengan sekarang tidak pernah melaksanakan rapat musyawarah untuk perumusan atau membuat peraturan desa bersama-sama dengan masyarakat.


Mengenai kegiatan jalan usaha tani Tahun anggaran 2023 di Dusun Sejadis dengan volume 2.000 meter dengan pagudana Rp.153.521.500 yang dikerjakan atau ditimbun hanya kurang lebih 800 Meter saja sementara alat beratnya sudah tidak ditempat lagi dan sudah pulang. 


Harapan kami masyarakat desa suka damai kepada Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis dengarkan Aspirasi kami masyarakat Desa Suka Damai. Turunkan Bapak Petrus Kepala Desa Suka Damai,Turunkan Bapak Petrus Kepala Desa Suka Damai,Turunkan Kepala Desa Suka Damai dengan nada keras tiga kali berturut-turut",Pungkasnya.


Sementara, Camat Ledo Jovinus Bevo saat ditemui awak media ini diruangan kerjanya mengatakan kami dari pihak kecamatan sudah menyampaikan, dimana kami jauh-jauh hari sudah mengadakan pertemuan dengan perwakilan masyarakat dan pihak Pemerintah baik tingkat Kecamatan dan Kabupaten, sementara terkait kegiatan aksi damai hari ini sudah disampaikan kepimpinan",Tutupnya Jovinus Bevo Camat Ledo.



Penulis : Nurdin media

Posting Komentar

0 Komentar