LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Anggota DPRK Aceh Barat Hadiri Perayaan Peringatan Hari kemerdekaan RI-78 Kecamatan Samatiga.



LIPUTANONE.COM - Pelaksanaan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 di Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat  berlangsung dengan tertib dan khidmad. 


Hal itu nampak jelas pada saat detik-detik pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 yang mana dalam kesempatan itu, Camat Samatiga M.Asmiruddin Alnur.STr.KeP ,  bertindak langsung sebagai Inspektur upacara.


"Ribuan Masyarakat Samatiga dari 32 desa yang ada di kecamatan tersebut, hadir tumpah ruah memadati lokasi  tempat dilaksanakannya Upacara Peringatan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di lapangan bola kaki Desa suak timah, pada pukul 08.30.wib.dan diikuti seluruh jajaran Forkopincam Kecamatan samatiga, kabupaten Aceh Barat. kamis, 17/08/23.


Usai Upacara , kegiatan di lanjutkan dengan penampilan Aksi Marching band yang di tampil kan Oleh Anak2 siswa siswi Dari SMAN 1 Samatiga,  lalu di lanjutkan Pawai Keliling Bersama Seluruh Jajaran Forkogincam Kecamatan Samatiga dan Rute yang di lalui Mulai dari Lapangan Bola kaki Suak Timah  sampai ke Simpang Tiga Cot darat, yang berjarak tempuh 3,5km.PP. 


"suasana semakin terasa meriah takala serangkaian kegiatan hiburan Rakyat diadakan di tempat itu, diantaranya Lomba tarik tambang antar ibu iibu PKK  pertandingan sepak bola  Antar kepala desa( Geuchik) dan Mukim Kecamatan samatiga , Suara hiruk pikuk dan sorak Penonton  menambah Kecerian pada Perayaan HUT RI ke 78 di Suak timah kecamatan Samatiga, kabupaten Aceh Barat. 


Dii sela sela berlangsungnya kemeriahan tersebut,

Camat samatiga,  M.Asmiruddin Alnur,

yang didampingi Danramil Lettu Azhari,  Mengungkapkan rasa bahagianya karena prosesi upacara pada hari itu dapat berjalan dengan lancar dan Sukses, " ungkapnya kepada awak Media. 


Menurutnya , Kegiatan perayaan yang wajib di ksanakan setiap Tahun Pada bulan Agustus tersebut, "Lancar dan sukses  semua itu tidak terlepas dari kerja sama dengan tim Forkopimcam dan masyarakat serta para petugas upacara yang telah melakukan persiapan dengan sangat baik, "ujarnya kepada Awak Media. 


“Alhamdulillah kami bersama tim dengan persiapannya maksimal, dari seluruh peserta undangan yang hadir bisa kita lihat tampak antusias tahun ini. Kemudian selanjutnya terkait Tim Pengibar Bendera Paskibraka mereka  juga lebih siap  dari tahun- sebelumnya. dengan kondisi yang memang telah dipersiapkan sedemikian rupa sehingga mereka bertugas dengan maksimal untuk kegiatan hari ini di Kecamatan samatiga,” ungkap Asmiruddin. 


Melalui momentum peringatan HUT- RI ini, kata Asmiruddin, yang juga turut didampingi Istri tercinta,

Ny. Yuliana putri Asmiruddin Alinur., AMd.Keb. 

mengajak masyarakat  khususnya Kecamatan Samatiga harus lebih siap menghadapi era tatanan baru, Ujarnya. 


“Kita harus bersedia dan siap untuk menyongsong tantangan baru kedepan  karena sudah tentu pasti  kedepannya kita menghadapi beberapa perubahan dan inovasi sehingga kita harus bisa menyesuaikan dan mengendalikan yang Insyaallah nanti bersama atau kerja satu tim kita bisa mengikuti perkembangan selanjutnya dan 

Untuk masyarakat kita khususnya di Kecamatan Samatiga, agar sama-sama menjaga keutuhan NKRI, menjaga ketertiban supaya semakin aman dan sejahtera,” ungkap Asmiruddin. 


Ia berharap melalui momentum ini akan meningkatkan sekaligus mempererat Tali Silaturahmi serta rasa kebersamaan antar sesama warga masyarakat sehingga apa yang lakukan Semuanya menjadi lebih Mudah , "tutur 


" Dikatakan Asmiruddin ,"bahwa setiap pelaksanaan peringatan HUT RI di Kecamatan Samatiga, kata dia setiap Tahun berlangsung  Meriah, di dukung rasa Nasionalisme yang tinggi  serta berjiwa Patriot yang sudah tertanam mendarah daging pada jiwa masyarakat Samatiga pada umumnya, dan selain itu juga jadwal kegiatan yang tersusun rapi dan antusiasnya para undangan yang menyambut kemerdekaan ini, " Ujar Camat itu. 


Camat samatiga Yang memiliki suara emas di kenal hoby musik dan suka melantunkan lagu- lagu lama tembang Kenangan The Marcy's itu, juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat dan peserta yang hadir,  maskhususnya kepada jajaran Forkopincam kecamatan Samatiga yang sudah bekerja keras meluangkan waktu, Tenaga dan kirannya, demi  suksesnya acara perayaan HUT tahun ini  "Cuma memang mungkin undangan kepada masyarakat nanti untuk kegiatan HUT RI kedepannya perlu ditambah walaupun mereka hanya nonton atau disediakan tempat khusus biar mereka juga merasakan prosesi peringatan hari kemerdekaan dengan Lebih nyaman,” tutupnya. 


Sementara itu, Anggota DPRK Kabupaten Aceh Barat Nasruddin, S.I.Kom. yang  hadir pada Acara itu, mengapresiasi  Semua Aktifitas dan kegiatan menyangkut  Perayaan HUT RI, yang berlangsung mulai dari Awal hingga selesai , "Tutur Nasrudin.


" Ia mengingatkan, pentingnya  menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada diri kita sendiri dan anak-anak, putra-puitri bangsa bumi pertiwi ini, "kata anggota komisi tiga DPRK Aceh barat  saat ditemui usai upacara di kedai kopi gampong musiman di dalam komplek area lokasi  upacara tersebut. 


Nasruddin  Aggota komisi tiga DPRK aceh Barat yang di kenal Ramah, Sederhana, dan suka menebarsenyum kepada semua  orang itu,  juga memuji penampilan Luar biasa Dari anak-Anak tim pengibar bendera Paskibraka binaan koramil Samatiga, saat upacara belangsung. 


"Luar biasa Penampilan dari anak-anak Paskibraka binaan Koramil Salatiga , mereka begitu semangat walau di bawah sengatan panasnya matahari namun tidak menyurutkan semangat  dari para anak-anak tim pengibar bendera itu untuk tampil Maksimal, " Puji  Anggota komisi tiga DPRK Aceh Barat itu


Lebih lanjut ia mengatakan,"dengan memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke – 78 ini, hendaknya kita semua sebagai warga masyarakat harus tetap selalu semangat dalam mengikuti jejak para pejuang. Artinya semangat untuk membangun negeri ini dalam mengisi kemerdekaan tetap selalu kita tanamkan, 


Terlihat Wakil Rakyat itu, terkesan Begitu menikmati  momen peringatan hari paling bersejarah bagi seluruh Rakyat indonesia tersebut, Sambil menikmati secangkir kupi gampoeng , sesekali  Nasruddin mengangkat dan melambaikan tangan,  Isyarat, menyapa Orang- orang dan warga sekitar yang berlalu lalang dihadapanya.


"Nasruddin juga terlihat begitu  akrab dengan masyarakat  di kecamatan Samatiga , dirinya merasa sangat bahagia bisa bersama sama  Forkopincam dan Masyarakat Samatiga yang begitu antusiasnya hadir disini, mulai dari pagi hingga siang belum Ada yang mau beranjak dari Tempat ini, " imbuhnya. 


Menurut Nasruddin, Hadirnya Ribuan Masyarakat  di tempat itu juga sebagai wujud rasa cinta kepada tanah Air dan penghormatan  kepada bangsa yang telah berdiri  merdeka dan berdaulat selama 78 tahun ,"setelah perjuangan panjang yang dilalui oleh para pahlawan Pejuang kemerdekaan yang membangun Negara ini dengan darahnya. dan  berhasil mewujudkan Sebuah Bangsa yang Besar, Negara kesatuan Republik Indonesia. "Pungkasnya.


Disisi lain Danramil 09/Samatiga, Lettu Infanteri, Azhari, pada waktu hampir besamaan Saat di jumpai Awak media mengatakan, "pihaknya bersyukur dan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak sehingga rangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan RI di Kecamatan  Samatiga berjalan dengan sukses, aman dan lancar.


“Ini tentunya berkat kerja keras kita semua. Pemerintah Kecamatan ,koramil /Polsek setempat, dan seluruh jajajaran Forkopincam, yang begitu kompak bekeja Besama-Sama masyarakat dan terutama adik-adik Paskibraka yang telah menjalankan tugasnya dengan baik,” ujar Lettu Azhari. 


Lebih lanjut, Komandan Koramil  Samatiga  itu  mengingatkan bahwa esensi dari peringatan hari kemerdekaan ini tidak hanya k sebatas menggelorakan Nasionalisme dan cinta tanah air, namun  bagimana generasi muda Indonesia itu bisa mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif serta menanamkan jiwa Pancasila dan memegang teguh Bhineka Tunggal Ika," Tutur Danramil. samatiga. 


Lettu Azhari  yang telah Mengabdikan dirinya Kepada Negara selama 39 tahun itu menambahkan, ”Dengan adanya momentum bersejarah ini, kami mengajak kepada generasi penerus bangsa dan kepada segenap unsur masyarakat Kecamatan Samatiga, untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang telah rela mengorbankan jiwa raga demi merebut kemerdekaan RI.  Maka daripada itu, mari kita jaga keutuhan, kesatuan dan  Indonesia tanpa membedakan ras suku dan agama,"Pungkasnya.


(DS)

Posting Komentar

0 Komentar