LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

KETUA DPRK ACEH BARAT HADIRI APEL SIAGA PASUKAN CEGAH BENCANA.

 


LIPUTANONE.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat kabupaten Aceh Barat Samsi Barmi ( Tgk Romi) menghadiri apel siaga pasukan cegah bencana di Makorem 012/TU Aceh barat


Kegiatan  dilaksanakan,di lapangan di lapangan Komando Resort militer ( Korem 012/TU ) Peserta apel gelar pasukan terdiri dari unsur Forkopimda Aceh Barat, vjajaran TNI, Korem 012/TU,Kodim 0105 Aceh barat, Polres , Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran,  BPBD, Tagana Dinas Sosial, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Brigade Pertanian, Dinas Kesehatan, Kesbangpol, Gabungan Dinas lainnya. jum'at, 25/08/23.


Ketua DPRK Aceh Barat  Samsi Barmi ( Tgk Romi ) saat di mintai tanggapannya  usai mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat mendukung "Kegiatan tersebut, apel siaga pasukan di gelar adalah sebagai bentuk kesiapan aparatur dalam menghadapi ancaman bencana alam di wilayah kabupaten Aceh Barat khususnya, sekaligus merupakan bentuk sinergitas Pemda, TNI, Polri, serta semua potensi yang ada di dalam masyarakat termasuk lembaga usaha dan para relawan di kabupaten Aceh Barat"ujarnya.


"Meskipun bencana tersebut tidak kita harapkan, namun kita harus terus dan tetap siap siaga serta selalu waspada apabila sewaktu-waktu hal itu terjadi”, Tutur Samsi Barmi. 


Menurut Ketua DPRK Aceh Barat dari Fraksi Partai Aceh itu, Penanganan bencana yang tepat adalah dapat meminimalkan jumlah korban, baik jiwa maupun material. Apabila perencanaan penanganan bencana telah tersusun dengan baik maka tindakan operasional pada saat terjadinya bencana dapat dilaksanakan dengan segera, mengingat segala sesuatunya telah dipersiapkan sebagai bentuk antisipasi, yang meliputi pengkajian secara cepat dan tepat terhadap lokasi, kerusakan, kerugian, serta penentuan status keadaan darurat bencana, penyelamatan dan pemulihan sarana prasarana vital yang ada, "imbuhnya.


“Melalui pelaksanaan apel gabungan ini, bisa menjadi ajang konsolidasi, sejauh mana kesiapan kita dalam hal sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang kita miliki dalam penanggulangan bencana. Saya berharap kegiatan semacam ini akan bermanfaat secara maksimal untuk mengurangi kerugian dan timbulnya korban akibat bencana, "ujar Tgk Romi. 


Samsi Barmi juga mengingatkan bahwa penanggulangan bencana alam itu bukan saja hanya tugas pemerintah daerah, TNI, Polri, maupun instansi terkait semata, "namun semua elemen harus menyadari, bahwa tanggap bencana ini merupakan panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab  kita bersama,"imbuhnya.


 Melalui pelaksanaan apel gabungan itu, di harapkan bisa menjadi ajang konsolidasi, sejauh mana kesiapan pemerintah kabupaten Aceh Barat, dalam hal sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang miliki dalam penanggulangan bencana tersebut. 


"Saya berharap kegiatan semacam ini akan bermanfaat secara maksimal untuk mengurangi kerugian dan timbulnya korban akibat bencana, " Demikian Samsi Barmi. 


Usai apel, dilanjutkan peninjauan gelar peralatan kebencanaan dari Tim Gabungan/instansi terkait seperti, tenda posko, tenda pengungsi, perahu karet, perahu polatelin dari BPBD dan Polres Aceh Barat. 


(Dedy Surya)

Posting Komentar

0 Komentar