LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Kabid Dinas kebudayaan Aceh Barat Pantau Kesiapan peserta PKA Lakukan Latihan Jelang PKA Ke -VIII 2023

 


LIPUTANONE.COM - Menjelang penampilan Pada Pekan kebudayaan aceh PKA  ke VIII  yang di Gelar 4 november mendatang di banda Aceh, Grup Seudati kontingen aceh barat terus mengasah kemampuan dan giat melakukan latihan Secara rutin tiga kali dalam Seminggu di meulaboh Aceh barat. 


Grup Seudati Sanggar Rencong  johan Pahlawan kabupaten Aceh barat  binaan Chehi Ismail itu dengan penuh semangat melakukan aktivitas  Latihan secara rutin guna meningkatkan kemampuan diri para Personilnya, melatih kekompakan, keserasian serta kelincahan gerak.Minggu, 8/10/23.


"Kita terus menggenjot anak- anak untuk terus berlatih kendatipun  Para Personil kita memang sudah  sering tampil di event-event Besar dan sering mengikuti kompetisi Bahkan beberapa Kali Meraih Juara satu namun Kita tidak Boleh berbangga hati, harus tetap melakukan latihan secara  rutin, " Ujar Ceh ismail. 


Menurut Cehi Ismail dengan seringnya melakukan  Latihan secara rutin dapat meningkatkan kemampuan, kekompakan, keserasian, serta  rasa percaya diri yang tinggi  pada Jiwa personil  Seudati  baik secara kelompok maupun perorangan. 


Lebih lanjut Cheh Ismail Yang Akrab di sapa (Ceh main) itu menambahkan Tim Kesenian Seudatinya akan akan tampil Maksimal di ajang Pekan Kebudayaan Aceh ke-8 di banda Aceh. 


"Ia ,kita  benar-benar fokus  latihan kali ini, walau kita hanya Tampil secara  Eksibisi nantinya di PKA, namun kita berharap  anak-anak bisa menunjukkan Gerakan yang sesungguhnya dari Tari Seudati tersebut serta mampu  tampil maksimal di hari (H) dan sekaligus dapat Menyedot perhatian Pengunjung,"Ujar Ceh main.


Sementara itu,  Dinas kebudayaan Kabupaten Aceh Barat melalui Kabidnya ,  Kartika Eka Sari , SSTP., M.Si.  Mengapresiasi  semangat dan ketekunan para  anggota  personil Grup Seudati Sanggar Rencong kabupaten  aceh barat. 


Hal tersebut di katakan Eka kepada awak media Saat dirinya  sedang berada  di lokasi latihan Tersebit  di Pasi leuhan., Eka yang  juga turut di dampingi Kasi Kesenian, Lisma Nazrah,S.E..M.Si. AAP. di ketahui sengaja hadir di tempat itu Guna  menyaksikan serta memantau secara  langsung  prosesi latihan yang sedang dilakukan Chehi Ismail dkk. 


" Ajang  PKA kali ini secara keseluruhan  kita harus benar- benar fokus  mempersiapkan diri untuk Mengikuti Semua Avent Yang di perlombakan di pekan kebudayaan aceh  PKA Nantinya," kata Eka. 


Ia Juga menyebutkan  Pemerintah Kabupaten Aceh Barat telah   memberikan perhatian cukup besar pada daerah ini sebagai bentuk dukungan untuk berkompetisi di PKA yang ke-8 Tahun 2023  se-Aceh., Untuk itu Pemkab Aceh barat sambungnya, telah menyediakan anggaran Rp, 2,6 M, untuk mendukung kontingen Aceh Barat meraih sukses dan  menjadi yang terbaik di ajang PKA mendatang,"ungkap Eka. 


"Eka  mmenambahkan PKA yang ke-8 kali digelar tersebut akan menampilkan beragam atraksi kebudayaan dari 23 kabupaten dan kota di Provinsi Aceh,Beragam budaya akan ditampilkan di sana oleh masing- masing Peserta  kontingen dari 23 Kabupaten dan Kota di provinsi Aceh.


Di ketahui  Pemerintah Aceh Barat Melalui Dinas kebudayaan kabupaten Aceh barat  akan mengirimkan kontingennya Sebanyak 26 (dua puluh enam) Tim/ sanggar dari berbagai Katagori perlombaan, total jumlah  Peserta keseluruhan kontingen aceh barat  Yang akan di berangkatkan Ke banda Aceh  Sebanyak 467 orang 


"Kita berharap  masing-bidang Yang  ikut dalam kompetisi harus memiliki Target  dan bertekat  untuk menjadi   yang terbaik dari semua item yang di perlombakan, maka dari itu Kata buk Kabid, Sisa waktu yang hanya tinggal lebih kurang dua puluh empat hari lagi kedepan  pergunakanlah sebaik baiknya baiknya, demi untuk mengantarkan Aceh Barat Tercinta  Menjadi Juara, sesuai yang diharapkan  Masyarakat Kabupaten Aceh Barat,"Pungkasnya.


Adanya Sebuah Keinginan serta Tekad untuk meraih juara umum pada pekan kebudayaan Aceh PKA itu adalah  sebuah impian dari setiap kabupaten kota yang ada di provinsi Aceh, sehingga hal tersebut adalah wajar dan tentu saja tidak  berlebihan jika kontingen Aceh barat pun bertekad untuk meraihnya. 



(Dedy Surya)

Posting Komentar

0 Komentar