LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke 75

 


LIPUTANONE.COM - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Wakil Gubernur Drs.H.Ma’mun Amir menghadiri Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke 75 tahun 2023 dan Pemberian Penghargaan kepada kabupaten/kota peduli HAM.


Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, pada Senin (11 Desember 2023).


Kesempatan itu, Wagub Drs.H.Ma’mun Amir menyampaikan permohonan maaf Gubernur H.Rusdy Mastura yang sedianya akan menghadiri Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia, berhubung Gubernur H.Rusdy Mastura telah dijadwalkan audiensi bersama Menteri Kelautan dan Perikanan di Jakarta, sehingga belum dapat menghadiri kegiatan tersebut.


Selanjutnya disampaikan bahwa Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia merupakan refleksi bersama tentang perjalanan panjang dalam menjaga, menghormati, dan memajukan Hak Asasi Manusia di seluruh dunia, khususnya di Sulawesi Tengah.


Peringatan tahun ini sangat relevan dengan situasi global yang dihadapi, termasuk tantangan dalam menghadapi krisis di berbagai sektor serta dampak sosialnya. 


Olehnya, momentum ini merupakan panggilan untuk terus bersatu dan bergerak bersama, memastikan bahwa setiap langkah membawa dampak positif bagi pemajuan HAM, diantaranya dengan menjadikan Hak Asasi Manusia sebagai landasan kebijakan dan tindakan nyata di setiap level pemerintahan.


Sulawesi Tengah sebagai bagian dari Indonesia, negara yang memegang teguh prinsip Hak Asasi Manusia, turut berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki hak-hak dasar yang dijamin dan dihormati. Sebagaimana tertuang dalam visi gerak cepat menuju Sulawesi Tengah Yang Lebih Sejahtera Dan Lebih Maju, yaitu misi kedua, Mewujudkan Reformasi Birokrasi, Supremasi Hukum, dan Penegakkan Nilai-Nilai Kemanusiaan dan HAM.


Peringatan ini sekaligus juga menjadi ajang untuk mengapresiasi upaya pemerintah daerah, khususnya kabupaten/kota yang telah menunjukkan kepedulian dan dedikasi tinggi terhadap Hak Asasi Manusia.


Ia pun mengucapkan selamat kepada pemerintah kabupaten/kota yang menerima penghargaan sebagai kabupaten/kota peduli HAM. 


“Saya sangat bangga dan berbahagia, sebab ini memperlihatkan komitmen nyata dalam memajukan Hak Asasi Manusia di daerah kita,”pungkasnya.


Ka Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar,SH,MH menyampaikan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke 75 tahun 2023 bertemakan “Harmoni Dalam Keberagaman, Berbeda Untuk Bersatu”.


“Kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebelumnya dilaksanakan terpusat di Jakarta, tahun ini dilaksanakan dimasing-masing daerah dengan harapan memaksimalkan peran pemda untuk mendorong penghormatan kemajuan HAM di daerah,”tutupnya.


Selanjutnya, Wagub didampingi Ka Kanwil Kementerian Hukum dan HAM menyerahkan penghargaan kepada kabupaten/kota peduli HAM, meliputi : Kota Palu, Kabupaten Banggai, Kabupaten Morowali, Kabupaten Tojo Una-Una, Kabupaten Poso, Kabupaten Donggala. Pemberian penghargaan ini berdasarkan SK Menteri Hukum dan HAM nomor M.HH-03.HA.02.01.01 tahun 2023 tanggal 15 November 2023 tentang Penetapan Kab/Kota Peduli HAM.


Terakhir, Penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Sinergitas Peningkatan Penilaian Kabupaten Peduli HAM antara Kanwil Kementerian Hukum dan HAM dan Pemerintah Kabupaten Sigi.


Turut hadir, Wakil Wali Kota Palu, Wakil Bupati Banggai, Wakil Bupati Touna, Perwakilan Pemda Poso, Morowali, Donggala, Ketua Komnas HAM Sulteng, Perwakilan Ombudsman Sulteng, Para Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulteng.(Nofli)

Posting Komentar

0 Komentar