LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

PEMERINTAH KABUPATEN BENGKAYANG MENGGELAR MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN (MUSREMBANG) TAHUN 2025 DAN RPJMD TAHUN 2025-2045.

 


LIPUTANONE.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bengkayang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kabupaten untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan RPJMD Kabupaten Bengkayang tahun 2025-2045 di Kabupaten Bengkayang, Jum'at 22 Maret 2024.


Musrembang ini merupakan bagian dari forum musyawarah antar pejabat pemangku kepentingan dan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Kabupaten Bengkayang kedepannya.


Kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Bengkayang Tahun 2025 dan Musrenbang RPJPD Kabupaten Bengkayang Tahun 2025-2045 dengan tema *"Kabupaten Bengkayang yang Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berkelanjutan."* Adapun yang dapat dilaporkan sbb:


Adapun yang turut hadir cm Hadir dalam kegiatan diantaranya.


1. Pj. Gubernur Kalimantan Barat diwakili Asisten 3 Bpk. Drs. H. Alfian, M.M.

2. Bupati Bengkayang Bpk. Sebastianus Darwis, S.E., M.M.

3. Dandim 1209/Bengkayang Letkol Inf Albertinus Mariano, S.E.

4. Danlanud Harry Hadisoemantri diwakili Kadisops Lanud Had Mayor Lek Yovi Taufik, A.md.

5. Kapolres Bengkayang diwakili Kabaglog Kompol Mediyanto, S.I.P.

6. Kepala Kejaksaan Negeri Bengkayang Bpk. Arifin Arsyad, S.H., M.H.

7. Ketua Pengadilan Kab. Bengkayang Bpk. Oloan Oxodus Hutabarat, S.H., M.H.

8. Seluruh Anggota DPRD Provinsi Dapil Kalbar III.

9. Kepala OPD se-Kab. Bengkayang.

10. Camat se-Kabupaten Bengkayang.


Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis dalam sambutannya mengatakan. Musrenbang yang kita selenggarakan ini, merupakan amanat dari undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan undang-undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dimana pemerintah daerah di wajibkan untuk menyusun perencanaan pembangunan daerah yang dituangkan dalam sebuah dokumen perencanaan tahunan daerah yang disebut rencana kerja pemerintah daerah (rkpd) dan dokumen perencanaan dua puluh tahun yang disebut rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD).


Perencanaan pembangunan daerah harus dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan, transparan, responsif, efisien, efektif, terukur, akuntabel, berorientasi pada hasil (outcome), dan berbasis.Pada riset dengan pendekatan _money follow programme dan programme follow result,_ inovatif dan kreatif dalam menyelesaikan permasalahan pembangunan serta mendukung sinergi program strategis nasional, provinsi, dan kabupaten.


Harapannya antar dokumen perencanaan yang disusun saat ini dapat terjaga konsistensinya sesuai dengan aturan yang berlaku serta memastikan kegiatan yang akan dilaksanakan adalah kegiatan-kegiatan yang terarah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bengkayang, serta kegiatan yang dampaknya dapat meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat, serta dapat meningkatkan derajat kehidupan masyarakat Kabupaten Bengkayang.


Rancangan rkpd Kabupaten Bengkayang tahun 2025 dan rancangan rpjpd Kabupaten Bengkayang tahun 2025-2045 disusun dengan memperhatikan hasil evaluasi target dan capaian kinerja pembangunan, diselaraskan dengan narasi rpjpn 2025-2045, rancangan rpjpd provinsi Kalimantan Barat tahun 2025-2045, rpjmd Kabupaten Bengkayang tahun 2021-2026, rpd provinsi Kalimantan Barat, dan rencana kerja pemerintah (rkp) serta memperhatikan isu global, nasional, regional dan daerah.


Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis menambahkan dan mengingatkan kepada seluruh jajaran perangkat daerah harus ada inovasi-inovasi naru untuk menjawab tantangan permasalahan pembangunan yang masih ada seperti kesehatan, kemiskinan, penanganan stunting, pengangguran, peningkatan mutu pendidikan, peningkatan ekonomi masyarakat dan lain-lain.


Kegiatan musrenbang ini menjadi sangat strategis karena menjadi media diskusi, sehingga terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik, untuk menyamakan persepsi dalam penyusunan rkpd Kabupaten Bengkayang tahun 2025 dan rpjpd Kabupaten Bengkayang tahun 2025-2045.


Tema yang diangkat dalam rkpd tahun 2025 adalah "Pertumbuhan ekonomi melalui pemenuhan infrastruktur dasar, kualitas sdm, tata kelola pemerintahan yang baik dan berwawasan lingkungan" maka dari itu, penyusunan rkpd tahun 2025 harus lebih cermat dengan memperhatikan indikator utama masing-masing, serta mampu menjawab permasalahan, dan tantangan yang dihadapi pemerintah Kabupaten Bengkayang secara, cepat, tepat dan prosedur.


Tema ini diangkat dalam rangka memberikan arah dan langkah secara umum yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah dalam menjawab berbagai isu dan permasalahan yang dihadapi. Untuk menjawab hal tersebut tentunya perlu dilakukan pemetaan terhadap permasalahan daerah serta kendala yang selama ini dihadapi di Kabupaten Bengkayang.


Tentunya setiap permasalahan tersebut harus di dukung dengan data yang valid dan akurat agar tidak terjadi bias secara realita, sehingga pemerintah daerah dapat memperoleh gambaran yang objektif dalam upaya mengambil langkah dan kebijakan melalui suatu program dan kegiatan yang sesuai dan lebih tepat sasaran.


Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh bapperida kabupaten bengkayang pada dokumen rpjpd Kabupaten Bengkayang tahun 2005-2025, serta indikator makro tahun 2005-2025 yang telah dilakukan analisa berdasarkan target dan capaian serta faktor pendorong dan penghambat di tiap indikator dapat disimpulkan.


Periode rpjmd Kabupaten Bengkayang tahun 2011-2015, rata-rata capaian sebesar 66,13% dengan predikat rendah periode rpjmd Kabupaten Bengkayang tahun 2016-2021, rata-rata capaian sebesar 69,47%, dengan predikat sedang.


Periode rpjmd Kabupaten Bengkayang tahun 2021-2026, rata-rata capaian sebesar 86,10%, dengan predikat tinggi jika dilihat secara keseluruhan hasil evaluasi rpjpd Kabupaten Bengkayang tahun 2005-2025 dengan rata-rata capaian kinerja 4 periode rpjmd sebesar 73,90% dan masuk dalam predikat sedang. Oleh karena itu untuk mendorong kinerja rpjpd tahun berikutnya menjadi predikat tinggi perlu menjadi perhatian bagi kita semua untuk mengubah paradigma pembangunan yang dulunya reformatif menjadi transfromatif.


Penyusunan rpjpd Kabupaten Bengkayang tahun 2025-2045 harus selaras dengan visi rpjpd provinsi Kalimantan Barat yaitu "Kalimantan Barat maju, sejahtera dan berkelanjutan" dan juga selaras dengan visi rpjpn Indonesia emas 2045 " negara nusantara berdaulat, maju dan berkelanjutan". Sehingga tema rpjpd Kabupaten Bengkayang tahun 2025-2045 yaitu *"Kabupaten Bengkayang yang Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berkelanjutan "*. Berbudaya rkpd dan rpjpd Kabupaten Bengkayang harus mencerminkan komitmen kita terhadap pembangunan yang inklusif dan merata.


Tahapan perencanaan yang telah kita lakukan ini merupakan komitmen pemerintah daerah untuk menciptakan dokumen perencanaan yang berkualitas dan mampu menjawab permasalahan yang terjadi. Permasalahan ini tentunya membutuhkan peran kita bersama seluruh _stake holder_ pemerintah daerah untuk menjawabnya. Oleh karena itu, melalui acara yang dilaksanakan ini diharapkan juga dapat memberikan bahan masukan bagi pemerintah provinsi untuk mendukung proses pembangunan yang ada di Kabupaten Bengkayang.


Harapan kita bersama ketika pembangunan dapat di rasakan oleh masyarakat Kabupaten Bengkayang tentunya secara tidak langsung juga akan memberikan dampak yang positif bagi kemajuan provinsi Kalimantan Barat.


Saya mewakili segenap unsur pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Bengkayang menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak Pj. Gubernur Kalimantan Barat yang telah memberikan perhatian terhadap kondisi yang terjadi di Kabupaten Bengkayang saat ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari pemerintah provinsi yang telah menghadirkan pembangunan di Kabupaten Bengkayang salah satunya dengan dilakukannya peningkatan sebagian ruas jalan Bengkayang-Singkawang pada tahun 2023.


Harapan kami untuk jalan Bengkayang dan Suti Semarang (batas Kabupaten Landak) menjadi perhatian yang lebih besar karena pembangunan ini tentunya sangat berarti bagi masyarakat di kecamatan Suti Semarang yang selama ini sangat membutuhkan ketersediaan akses jalan",Ucap Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis.


Penyampaian Pj. Gurbernur Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili Asisten 3 Bpk. Drs. H. Alfian, M.M. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sambutan dan arahan dari bapak Pj. Gubernur Kalimantan Barat yang saat ini tidak dapat untuk ikut hadir pada kegiatan musrenbang Kabupaten Bengkayang, dikarenakan beliau masih ada kegiatan lain yang tidak dapat beliau tinggalkan.


Selanjutnya,Terkait skenario pertumbuhan ekonomi tahun 2025 adalah baseline penyesuaian target dalam rancangan rpjmd Kalimantan Barat 2025-2029 yang mana kondisi ekonomi kalbar tahun 2023 pada sisi pengeluaran turunnya ekspor hingga dua digit (-23,93%) dan sisi produksi sektor pertambangan yang terkontraksi -15,81 % serta sektor pertanian yang tumbuh melambat 1,59. Kebijakan larangan ekspor bouksit mentah menyebabkan berhentinya pengiriman bouksit yang selama tujuh tahun telah berjalan sehingga membuat sektor pertambangan kembali seperti awalnya tahun 2016. Sementara itu produksi pertanian tanaman pangan mengalami gagal panen atau penurunan hasil akibat cuaca gejala lainnya dan juga turunnya harga cpo dunia menyebabkan rendahnya pula produksi sawit Kalbar.


Terlepas dari kondisi tersebut, sektor lain mengalami pertumbuhan hingga dua digit seperti pengadaan listrik dan gas, real estate, jasa kesehatan serta jasa lainnya. Jika dihitung laju pertumbuhan pdrb tanpa pertambangan maka laju pertumbuhan ekonomi kalbar dapat mencapai 5,66 %. Dengan adanya kontraksi sektor pertambangan, dengan kata lain pdrb kalbar mengalami reset ke titik awal sebelum kenaikan yang disebabkan nilai tambah pertambangan.


Oleh karenanya di mohon untuk pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang untuk memperhatikan faktor pendorong pertumbuhan antara lain:

a. Membaiknya harga komoditas dunia dan harga cpo memacu produksi pertanian/perkebunan.

b. Realisasi dari investasi penanaman modal asing (pma) dan penanaman modal dalam negeri (pmdn) terutama smelter bauksit dan pabrik kelapa sawit;

d. Pengembangan komoditas unggulan yang difokuskan pada peningkatan produktivitas sawit, tanaman pangan serta perikanan tangkap dan budidaya; 

e. Sektor pariwisata dengan bertambahnya hotel berbintang dan event tahunan mendorong akomodasi makanan dan minuman.

f. Stabilitas inflasi terjaga sehingga daya beli masyarakat tetap tinggi.


Adapun langkah strategis yang harus diperhatikan adalah peningkatan produktivitas komoditi unggulan kalimantan barat termasuk kelapa sawit dan pangan, peningkatan investasi terutama yang inklusif dan berkelanjutan, penguatan pasar domestik dan pasar lokal serta pengendalian inflasi utamanya bahan pangan, penumbuhan dan pengembangan sentra pengolahan berbasis umkm dan desa, penyelesaian rt/rw provinsi/kabupaten, pengembangan cross border economy melalui pemanfaatan plbn dan terminal barang internasional dan pendirian sekolah menengah dan tinggi vokasi.


Pengembangan Wilayah Kabupaten Bengkayang sendiri meliputi pengembangan cross border toursim, pksn jagoi babang sebagai pintu gerbang internasional, sebagai pusat sentra kegiatan perikanan tangkap budidaya, terhubung dengan pelabuhan intersional kijing melalui jalan nasional, peningkatan jalan bengkayang (didalam wilayah, menuju perbatasan dan menuju daerah jalan tetangga yaitu Landak, Singkawang dan Mempawah) untuk mendukung konektifitas, peningkatan transmisi jaringan tenaga listrik dan kawasan konservasi.


Yang terakhir akan saya sampaikan bahwa fokus pembangunan di tahun 2025 adalah:

a. Pengentasan kemiskinan ekstrim dan penurunan kemiskinan.

b. Pengendalian inflasi

c. Penurunan stunting

d. Infrastruktur pelayanan dasar

e. Peningkatan ekspor dan investasi serta penguatan pasar dalam negeri.


Rkpd tahun 2025 pelaksanaan tahun pertama rancana RPJPD 2025-2045 Kabupaten Bengkayang untuk visi, misi dan arah kebijakan serta sasaran pokoknya harus selaras dengan provinsi disesuaikan dengan karakteristik di Wilayah Kabupaten Bengkayang.


Sementara disisi lainnya untuk kawasan pertanian dan perkebunan di Kabupaten Bengkayang sangat kurang,untuk kedepannya mari kita bersama-sama membuka lahan perkebunan dan pertanian untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Kabupaten Bengkayang.


Untuk jalan-jalan di Kabupaten Bengkayang masih banyak akses jalan yang rusak sehingga kedepannya kita sama-sama berfikir merencanakan untuk membangun jalur akses jalan yg susah di lalui kendaraan bermotor", Tutup Pj.Gubernur Kalimantan Barat diwakili Asisten 3 Bpk. Drs. H. Alfian, M.M.



Penulis : Rinto Andreas/NURDIN MAHMUD

Posting Komentar

0 Komentar