LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa S.IP, MH Mengucapkan Selamat Idul Adha 1445 H

Sumbar | Ketua Badan Kehormatan DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa S.IP, MH Mengucapkan Selamat Idul Adha 1445 H, Perayaan Hari Raya Idul Adha 2024 tahun ini jatuh pada hari senin 17 Juni 2024.

Sebagaimana informasi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Tanggal ini ditetapkan melalui sidang isbat penetapan 1 Dzulhijjah 1445 H yang dilakukan oleh Kemenag RI pada 7 Juni 2024 lalu.

Hari Raya Idul Adha juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban. Oleh karena itu, selain menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha, kita juga dapat menyuarakan kata-kata ajakan berkurban kepada teman hingga sanak saudara kita, ujar Bang Leo.

Tak lupa Bang Leo juga mengajak umat islam mengambil baiknya makna berqurban.

Terdapat 3 makna berkurban yang wajib diketahui dalam menyambut Idul Adha. Kurban adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan umat islam setiap tahunnya. Ibadah kurban ini dilakukan setiap pada bulan Dzulhijjah. Kurban ini diperuntukkan untuk umat muslim yang kurang mampu, agar mereka setidaknya dalam setahun sekali mereka memakan daging yaitu daging kurban. 

Ibadah Kurban ini juga salah satu pembuktian bahwa sebagai umat islam yang taat pada perintah Allah SWT. Penyembelihan hewan kurban ini hanya dilakukan beberapa hewan seperti hewan ternak sapi, kambing, domba, kerbau, dan unta. 

3 Makna dalam Berkurban

1. Waktu yang tepat untuk berbagi

Pada momen berkurban ini adalah waktu yang tepat bagi umat Islam berbagi sebagian hartanya untuk menyembelihkan hewan ternak dan diperuntukkan untuk umat Islam lainnya yang kurang mampu. Allah SWT juga sangat menyukai hamba-Nya yang saling berbagi dan saling membantu.

Ingat 2,5% harga kita adalah harta yang perlu kita sumbangkan untuk orang yang membutuhkan. Sekarang kamu bisa dapatkan momen sedekah dan  berkurban  secara online melalui BAZNAS. BAZNAS memiliki program “KURBAN BERKAH BAZNAS” yang dapat kamu nikmati kemudahannya semudah belanja online.  Info lebih lengkap silahkan klik disini : Kurban online

2. Menyucikan harta

Berkurban ini dapat menyucikan harta bagi umat muslim yang melakukannya. Berkurban bagaikan membilas harta. Dengan bersihnya harta kita, dapat terhindar dari rasa iri dengki, dan rasa-rasa terburuk lainnya. 

3. Sebagai pertolongan di hari akhir

Hewan yang dikurbankan akan menjadi saksi serta sarana penolong dari Allah SWT kepada umat Islam yang melakukan kurban tersebut. Hewan kurban ini juga nantinya akan sebagai kendaraan bagi umat Islam yang melakukan kurban agar selamat pada saat menyebrangi tali sirotol mustaqim dan menyelamatkan jatuh ke api neraka yang menyala-nyala.  

Penting untuk diketahui makna yang mendalam dari ibadah kurban ini bagi umat Islam, guna untuk meningkatkan iman dan semakin ingin berbuat sesuatu sesuai perintah Allah SWT. Semoga kita semua terus berada di lindungan Allah SWT, Amin Yarabbal alami Tutup Bang leo.

Posting Komentar

0 Komentar