LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Gerakan Pramuka (STR) ke-1 Resmi Di tutup Dayah Ruhul Qurani Raih Juara

ACEH BARAT - LIPUTANONE.CO.ID| Seleksi Tunas Ramadhan (STR) ke-1 tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Aceh Barat resmi ditutup pada Sabtu, 5 /10/24. 

Kegiatan yang telah berlangsung selama empat hari, dimulai dari 2 Oktober hingga 5 Oktober 2024, bertempat di Pendopo Bupati lama, Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, berjalan dengan sukses dan penuh antusiasme.

Penutupan acara dilakukan oleh Ketua Kwartir Daerah (Ka.Kwarda) Aceh yang diwakili oleh Wakil Ketua Hubungan Antar Lembaga Kwarda Aceh, Asrul Sani, SE. 

Dalam sambutannya, Asrul menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap para peserta dan panitia penyelenggara yang telah menyukseskan kegiatan tersebut. 

"Kegiatan Seleksi Tunas Ramadhan ini adalah langkah penting dalam membina generasi muda yang berakhlak mulia dan memiliki kemampuan kepemimpinan. Gerakan Pramuka berperan strategis dalam membentuk karakter generasi bangsa yang religius, disiplin, dan berjiwa nasionalis. Kami berharap melalui kegiatan ini, peserta dapat terus mengembangkan potensi diri dan menjadi teladan di masyarakat,” ujar Asrul Sani.

Lebih lanjut, Asrul Sani menjelaskan bahwa Ajang Seleksi Tunas Ramadhan (STR) Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Aceh Barat tahun 2024 diikuti oleh Gugus Depan (Gudep) Pramuka dari berbagai tingkatan, yaitu SMP/MTs, SMA/sederajat, serta perguruan tinggi se-Kabupaten Aceh Barat. 

" Kompetisi ini memperlombakan berbagai cabang, di antaranya Tilawah Qur’an untuk kategori putra dan putri tingkat penggalang dan penegak, Lomba Hifzhil Qur’an, Lomba Fahmil Qur’an, Lomba Syarhil Qur’an, dan Lomba Khattil Qur’an.., "ungkapnya.

Setiap cabang perlombaan dinilai oleh dewan hakim yang terdiri dari unsur akademisi, guru, dan dosen, yang semuanya memiliki latar belakang pendidikan agama yang kuat. 

Diketahui, Dari lima cabang yang diperlombakan, Dayah Ruhul Qurani berhasil meraih gelar juara umum setelah mendominasi dengan memenangkan lima kategori juara pertama dari seluruh perlombaan.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Barat, Marhaban, melalui Sekretaris T. Abdul Razak, menyampaikan rasa syukurnya atas kesuksesan pelaksanaan STR ke-1 ini. 

"Seleksi Tunas Ramadhan (STR) merupakan salah satu program kerja Kwarcab Aceh Barat, dan alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dengan antusiasme yang tinggi dari peserta tingkat SMP/sederajat, SMA/sederajat, hingga perguruan tinggi di Aceh Barat. Kami berharap ajang ini dapat terus memacu semangat generasi muda dalam meningkatkan pemahaman agama dan keterampilan mereka," ujar T. Abdul Razak.

Abdul Razak  juga menambahkan bahwa para pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa trofi, sertifikat, uang pembinaan, serta bonus lainnya sebagai bentuk apresiasi atas prestasi mereka.

" Kami berharap penghargaan ini dapat memotivasi para peserta untuk terus mengembangkan kemampuan mereka, tidak hanya dalam hal kepramukaan, tetapi juga dalam pengetahuan agama dan keterampilan lainnya. Ini adalah salah satu upaya kami untuk mendorong generasi muda Aceh Barat menjadi lebih unggul dan berkarakter," Pungkas Abdul Razak.

Kegiatan STR ini diharapkan dapat terus dilaksanakan setiap tahun dengan lebih banyak inovasi dan partisipasi dari berbagai kalangan.

Dengan berakhirnya kegiatan STR ini, Gerakan Pramuka Aceh Barat berharap ajang ini dapat menjadi salah satu agenda penting dalam pembinaan karakter dan religiusitas anggota pramuka di Aceh Barat.





(Edi Uends) 

Posting Komentar

0 Komentar