LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

PENJELASAN FUNGSI DAN MANFAAT KARTU ACEH BARAT SEHAT

ACEH BARAT - LIPUTANONE.CO.ID |Juru bicara Tim pemenangan TARSA, Said Mardha Abbas, menjelaskan secara rinci fungsi dan manfaat dari Kartu Aceh Barat Sehat (KAS).Meulaboh, Selasa, 8/10/24.

Menurutnya, kartu tersebut bukan hanya dirancang untuk membantu menetralisir dampak psikologi bagi si fasien, namun kartu itu sangat berguna jika terjadi terhadap Kepala keluarga yang mengalami sakit,  KAS memiliki peran penting dalam mendukung keluarga yang merawat atau menemani pasien selama proses rawat inap.

“Setiap warga Aceh Barat yang mengalami kondisi kesehatan yang mengharuskan mereka dirujuk ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSZA) di Banda Aceh, keluarga yang mendampingi pasien berhak mendapatkan biaya pendamping sebesar 1000.000, satu juta Rupiah,” ujar Mardha Abbas.

Ia juga menegaskan bahwa meskipun biaya perawatan pasien sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan, akan tetapi tidak ada jaminan khusus yang mencakup kebutuhan keluarga yang mendampingi pasien. KAS hadir sebagai solusi untuk mengatasi kesenjangan ini. 

" Ini sangat penting karena keluarga yang mendampingi pasien juga membutuhkan dukungan, baik untuk transportasi, akomodasi, maupun kebutuhan lainnya selama masa perawatan di luar daerah," tambahnya.

Dengan demikian, Kartu Aceh Barat Sehat (KAS) menawarkan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat, tidak hanya meringankan beban pasien tetapi juga memberikan bantuan signifikan bagi keluarga yang berperan dalam proses perawatan.

Menanggapi kritik yang menyebut bahwa Kartu Aceh Barat Sehat (KAS) tidak berguna karena sudah ada BPJS, Juru Bicara Tim Pemenangan Tarmizi-Said, menegaskan bahwa tanggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun ada hal penting yang perlu dipahami.

" Benar sekali, kami tidak membantah tanggapan itu. Namun, yang perlu diketahui adalah bagi sebagian orang yang menganggap KAS itu tidak berguna justru nantinya Ia juga selaku warga Aceh Barat, maka otomatis akan mendapatkan kartu KAS tersebut, jika dengan izin Allah, Tarmizi SP terpilih menjadi Bupati Aceh Barat untuk periode 2024-2029,” punkas Mardha Abbas.

Menurutnya, Kartu KAS tetap memiliki fungsi dan manfaat tambahan yang berbeda dari BPJS, terutama dalam membantu keluarga pasien. 

Dengan demikian, KAS menjadi salah satu program unggulan yang bertujuan untuk meringankan beban warga, baik mereka yang memilih maupun yang tidak memilih pasangan Tarmizi-Said dalam pemilihan mendatang.



(Edi Uend) 

Posting Komentar

0 Komentar